Jumat, 11 Januari 2008

Entrepreneur dan Ekonomi

Tinjauan Singkat Sejarah Ekonomi

  • 1945 (Akhir Perang Dunia II)

Merupakan dekade dimana pertumbuhan ekonomi dunia tumbuh sangat pesat, dan berkembangnya berbagai usaha kecil


  • 1960

Pada dekade ini terjadi kompetisi yang sangat sengit dalam perdagangan internasional untuk melakukan eksport import. Deregulasi pada beberapa type industri memberikan dampak meningkatnya kompetisi untuk menguasai pangsa pasar. Pada periode ini keadaan ekonomi memaksa perusahaan perusahaan besar untuk :

    • Mengurangi kapasitas sebagai akibat berkurangnya sumber daya seperti bahan baku.

    • Mengurangi kesejahteraan tenaga kerja dan peluang karier

Dilain sisi, tidak menentunya peluang yang tersedia bagi setiap industri justru mendorong usaha-usaha kecil meningkatkan ekspansinya. Demikian pula dengan perusahaan besar yang membaca peluang yang sama dan masuk dalam arena usaha kecil.


Entrepreneur Dan Ekonomi

Perubahan ekonomi yang terjadi menghasilkan perubahan struktur usaha / bisnis dan lingkungan bisnis. Perusahaan raksasa mencoba menyiasati perubahan ekonomi dengan memecah struktur bisnisnya menjadi berbagai usaha an idustri yang berukuran lebih kecil dengan maksud mengantisipasi perubahan yang terjadi dan meningkatkan efisiensi ekonomis usaha.

Perubahan ekonomi yang terjadi dalam lingkungan dinamis menyebabkan pertumbuhan industri kecil menjadi sangat pesat (di Australia, dari 50-80 ribu perusahaan saat ini akan merangsang sejumlah yang sama usaha-usaha baru dalam 12 bulan).

Perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen sebagai akibat dampak perubahan teknologi yang demikian pesat juga merangsang pertumbuhan usaha kecil.

Perubahan pada prinsipnya merupakan peluang bagi usaha kecil. Berbagai perubahan dalam lingkungan dunia usaha, turut menunjang dan menyuburkan usaha kecil diantarnya;

    • Perubahan perhatian pada lingkungan yang menginisiasi arus perubahan orientasi berproduksi pada ”green label” menginisiasi banyak industri di berbagai bidang industri yang mengemukakan produk ramah lingkungan dan ”back tu nature”

    • Adanya World Wide Web (internet) menginisiasi perubahan tentang bagaimana produk ditawarkan dan dikomerialisasi. Transformasi dari Pasar dalam makna fisik tempat berubah menjadi pasar dalam makna fisik ruang. Kemudahan komersial ini mendorong usaha-usaha kecil untutk tumbuh karena komersialisasi produk bukan lagi menjadi hal yang rumit.

Internet sendiri menawarkan banyak peluang wirausaha melalui jual beli online dan bisnis dotcom. Dengan keberadaan internet, faktor pembatas untuk wirausaha hanyalah kreatifitas individual. Internet pula yang memungkinan terjadinya usaha business to business, sebuah usaha perantara yang menghubungkan satu bisnis dengan bisnis lainya.

    • Perubahan cara pandang tentang masa depan, mengemukakan pentingnya kemampuan berinovasi, fleksibelitas dan respon yang cepat. Hal ini merupakan tipikal yang dimiliki hanya oleh usaha kecil, yang memungkinkan usaha kecil berkembang makin pesat.

Jelas sekali bahwa keadaan ekonomi bagaimanapun cenderung menginisiasi usaha kecil untuk tumbuh lebih pesat, kemampuan usaha kecil untuk berubah secara cepat dan fleksibelitas serta kemampuannya berinovasi akan memberikan lebih banyak peluang bagi usaha kecil untuk meraih keuntungan ekonomi.


Kecenderungan pertumbuhan usaha kecil ditandai dengan beberapa hal, sebagai berikut :

    • Berkembangnya wirausahawan wanita (Di Australia memegang 35% bisnis dan di Amerika Serikat 30% bisnis usaha kecil dikuasai wanita) hal ini dilatar belakangi oleh berbagai alasan antara lain:

      • fleksibelitas yang lebih besar untuk dapat melakukan berbagai hal yang berikaitan dengan pekerjaan maupun keluarga sekaligus

      • ketidaknyamanan menjadi pekerja bagi wanita, yang juga diwarnai dengan kesenjangan jaminan sosial bagi pekerja wanita

      • kemampuan wanita dalam membaca peluang usaha terutama yang berkaitan dengan dunia wanita

      • secara sosial budaya, akibat berkurangnya banyak faktor pembatas gender di sektor usaha kecil.

    • Globalisasi menopang berkembangnya wirausaha internasional, hal ini memberikan support pengembangan peluang strategis bagi wirausaha. Peluang lain muncul dari kegiatan eksport import serta sokongan berbagai organisasi pemerintah maupun lembaga swadaya internasional.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pa'.... banyk teori yang dikembngkan. namun dilapangan kebanyakn menuai jalan buntu..
semoga tulisan bp dpat membri semangat lg.
maaf ni bru buka blognya,infox terus, perkaya wacana bt IKABUHUWANA ... thanks to all my dozen.l@bala